Latest

Kategori berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Awas, Jangan Salah Pilih Obat Batuk!

Awas, Salah Pilih Obat Batuk!
BAHAYA : Konsumen perlu memperhatikan obat batuk yang dibeli. Karena bisa saja mengandung zat berbahaya bagi sibuah hati. Foto:dw.com

13 Oktober- (moerni) – Awas, Jangan Salah Pilih Obat Batuk! Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini mengeluarkan peringatan global. Bukan soal Covid. Tapi soal gangguan ginjal akut. Yang menyebebkan kematian terhadap 66 anak di Gambia. Yang salah satunya diduga karena kandungan di dalam obat batuk anak.

 

Menurut WHO kematian itu diduga ada kaitannya dengan empat merek sirup obat batu buatan India. Hasil analisis laboratorium mengungkapkan. Keempat sirup obat batuk buatan negeri Gandhi itu mengandung dietilen glikol dan etilen glikol berlebih. Dan itu bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia.

 

Keempat merek obat batuk itu adalah. Promethazine Oral Solution. Kofexmalin Baby Cough Syrup. Makoff Baby Cough Syrup. Dan Magrip N Cold Syrup.

 

Untungnya. Pihak berwenang India dan produsen sirup obat batuk Maiden Pharmaceuticals mengatakan. Sirup obat batuk itu. Hanya diekspor ke Gambia.

 

Namun saat ini ada kasus yang sama tengah di tangani di Indonesia. Namun belum diketahui pasti apakah penyebabnya juga sama.

 

 

Awas, Jangan Salah Pilih Obat Batuk!

Ilustrasi anak batuk. Foto:Hallodoc

 

 

Juru bicara Kemenkes dr Syahril dikutip dari BBC Indonesia mengatakan. Sudah berdiskusi dengan tim dari Gambia. Kemenkes RI juga telah berkoordinasi dengan WHO. Untuk melakukan investigasi.

 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di kesempatan lain mengatakan. Obat-obatan yang diduga menyebabkan kematian puluhan anak di Gambia. Atau obat-obatan buatan di Indonesia. Tidak ditemukan di Indonesia.

 

 

Meski begitu. Agan and Sista harus tetep hati-hati. Obat yang sama mungkin tidak ada di sini. Tapi bisa jadi kandungannya ada di obat-obat dalam negeri. Harus jeli ya…demi anak-anak kita.

 

Selain itu. Kalau anak sedang sakit. Apakah itu batuk. Pilek. Muntah. Diare atau demam. Agan and Sista harus perhatian. Anak-anak harus dikasih air minum yang cukup.

 

Menurut IDAI. Anak dengan berat 10 kilogram. Akan mengeluarkan 1 cc air seni. Per jam. Jika berat anak 10 kilogram, maka perjamnya anak bisa memproduksi 10 cc air seni. Atau sekitar 240 cc (seukuran gelas air minum kemasan dalam sehari.

 

Nah, kalau anak-anak yang sakit pipisnya jauh berkurang. Atau bahkan tidak pipis sama sekali. Itu tandanya ada yang salah di tubuhnya. Dan sebaiknya segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena dikhawatirkan ada hal-hal yang tidak bisa kita tangani sendiri di rumah. (01)

 

Artikel Menarik Lainnya

 

Leave a Comment