Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi: Solusi Praktis untuk Masalah Anda

1. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud. Xiaomi menyediakan integrasi dengan layanan cloud seperti Mi Cloud, Google Photos, dan Dropbox.

Dengan mengaktifkan sinkronisasi di aplikasi cloud ini, setiap foto yang terhapus secara tidak sengaja akan tetap ada di cloud dan dapat diambil kembali.

Mi Cloud

Mi Cloud adalah layanan penyimpanan cloud milik Xiaomi yang secara otomatis membackup foto dan data Anda. Untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi menggunakan Mi Cloud, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Mi Cloud di HP Xiaomi Anda.
  2. Masuk ke akun Mi Cloud Anda.
  3. Pilih “Galeri” atau “Foto” di menu Mi Cloud.
  4. Cari foto yang ingin Anda pulihkan.
  5. Tap foto tersebut dan pilih opsi untuk mengunduhkannya ke HP Anda kembali.

Google Photos

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi dengan Google Photos di HP Xiaomi Anda, foto yang terhapus juga dapat dipulihkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Photos di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih ikon “Menu” (tiga garis horisontal) di bagian atas kiri aplikasi.
  3. Pilih “Trash” atau “Keranjang” dari menu.
  4. Cari foto yang ingin Anda pulihkan di folder ini dan pilih foto tersebut.
  5. Tap ikon “Restore” atau “Pulihkan” untuk mengembalikan foto ke galeri Anda.

Dropbox

Jika Anda menggunakan Dropbox sebagai layanan penyimpanan cloud, Anda juga dapat mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Dropbox di HP Xiaomi Anda.
  2. Masuk ke akun Dropbox Anda.
  3. Buka folder “Camera Uploads” atau “Unggahan Kamera”.
  4. Cari foto yang ingin Anda pulihkan.
  5. Tap foto tersebut dan pilih opsi untuk mengunduhkannya kembali ke HP Anda.
Baca Juga  Cara Screenshot Samsung A22: Mudah dan Praktis!

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika Anda tidak memiliki sinkronisasi dengan cloud atau tidak dapat mengembalikan foto yang dihapus melalui metode tersebut, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data seperti DiskDigger, Dumpster, atau EaseUS MobiSaver.

Aplikasi-aplikasi ini telah terbukti efektif dalam mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja di HP Xiaomi.

DiskDigger

DiskDigger adalah salah satu aplikasi pemulihan data terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi. Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi DiskDigger dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi DiskDigger dan pilih jenis berkas yang ingin Anda pulihkan (misalnya, “Foto”).
  3. Pilih partisi penyimpanan internal atau eksternal di mana foto tersebut awalnya disimpan.
  4. Tekan tombol “Scan device” atau “Pindai perangkat” dan biarkan aplikasi DiskDigger mencari foto yang dapat dipulihkan.
  5. Jika foto yang ingin Anda pulihkan ditemukan, pilih foto tersebut dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke galeri Anda.

Dumpster

Dumpster adalah aplikasi sampah untuk Android yang memungkinkan pemulihan data termasuk foto yang terhapus di HP Xiaomi. Untuk menggunakan Dumpster, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi Dumpster dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Dumpster dan klik tombol “Pulihkan” di bawah thumbnail foto yang ingin dipulihkan.
  3. Pilih opsi untuk memulihkan foto tersebut ke galeri Anda atau membagikannya ke aplikasi lain.

EaseUS MobiSaver

EaseUS MobiSaver adalah aplikasi pemulihan data yang kuat yang juga dapat memulihkan foto yang terhapus di HP Xiaomi. Berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Unduh dan instal aplikasi EaseUS MobiSaver dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi EaseUS MobiSaver dan pilih jenis berkas yang ingin Anda pulihkan (misalnya, “Foto”).
  3. Tekan tombol “Start” atau “Mulai” dan biarkan aplikasi EaseUS MobiSaver melakukan pemindaian yang mendalam pada perangkat Anda.
  4. Jika foto yang ingin Anda pulihkan ditemukan, pilih foto tersebut dan pilih opsi untuk memulihkannya ke galeri Anda.
Baca Juga  Cara Keluar dari BIOS Laptop Asus: Panduan Lengkap

3. Faktor Penting untuk Menghindari Kehilangan Foto di Masa Depan

Selain mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi, Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk menghindari kehilangan foto di masa depan. Berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan:

Penyimpanan Reguler di Cloud atau Eksternal

Mengaktifkan sinkronisasi dengan layanan cloud seperti Mi Cloud, Google Photos, atau Dropbox adalah cara efektif untuk membuat cadangan terhadap foto-foto Anda secara teratur. Anda juga dapat menggunakan kartu SD eksternal untuk menyimpan foto-foto Anda sebagai langkah pencegahan tambahan.

Hindari Menghapus Foto dengan Tidak Sengaja

Pastikan Anda berhati-hati saat menghapus foto. Hindari menghapus secara asal, dan pastikan untuk memeriksa dengan seksama sebelum menekan tombol hapus. Kadang-kadang, foto yang ingin Anda pulihkan mungkin telah terhapus selamanya jika Anda menghapus secara permanen.

Gunakan Aplikasi Pemulihan Data yang Terpercaya

Hanya gunakan aplikasi pemulihan data yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna. Menggunakan aplikasi yang buruk dapat merusak perangkat Anda atau malah membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Frequently Asked Questions

Apakah saya bisa mengembalikan foto yang dihapus secara permanen?

Terkadang, jika foto telah dihapus secara permanen, sulit untuk memulihkannya. Namun, dengan bantuan aplikasi pemulihan data yang terpercaya, masih ada kemungkinan untuk mengembalikan foto yang dihapus secara permanen.

Apakah menggunakan aplikasi pemulihan data yang aman?

Sebagian besar aplikasi pemulihan data yang terpercaya aman untuk digunakan. Namun, selalu penting untuk membaca ulasan pengguna sebelum menginstal dan menggunakan aplikasi tersebut.

Apakah foto yang dihapus akan mempengaruhi kinerja perangkat saya?

Tidak, menghapus foto dari HP Xiaomi Anda tidak akan secara langsung mempengaruhi kinerjanya. Namun, dengan memori yang cukup penuh, perangkat Anda mungkin menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, sebaiknya hapus foto yang tidak diperlukan secara teratur untuk menjaga performa yang optimal.

Baca Juga  Cara Flash Asus Z007: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Apakah mengaktifkan sinkronisasi cloud akan menghabiskan kuota data saya?

Ya, mengaktifkan sinkronisasi cloud akan menggunakan kuota data Anda. Pastikan Anda memiliki paket data yang mencukupi atau terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman saat menggunakan layanan cloud.

Apakah semua aplikasi pemulihan data gratis?

Tidak semua aplikasi pemulihan data gratis. Beberapa aplikasi memerlukan pembelian dalam aplikasi atau versi berbayar untuk mengakses semua fitur mereka.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat mengembalikan foto saya dengan cara yang disarankan?

Jika Anda tidak dapat mengembalikan foto yang terhapus menggunakan cara-cara di atas, sebaiknya segera cari bantuan profesional atau hubungi pusat layanan Xiaomi. Jangan mencoba metode yang rumit atau tidak teruji yang dapat mengakibatkan masalah lebih lanjut.

Simak juga artikel menarik berikutnya!

Kami membahas berbagai topik menarik seputar HP Xiaomi, termasuk bagaimana memulihkan data lainnya, tips dan trik, dan ulasan produk terbaru. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan HP Xiaomi Anda!