Latest

Kategori berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wahai Lelaki! Berani Rasakan Sakit Haid?

Wahai Lelaki! Berani Rasakan Sakit Haid?
HAID : Rasa sakit haid tka main-main. Jangan anggap sepele apalagi sampai meremehkan. Foto: Niraj Gera via BBC Indonesia

15 September – (moerni) –  Banyak yang menyepelekan bahkan mengejek haid atau menstruasi. Khususnya para kaum Adam. Padahal mereka tak tahu bagaimana rasanya. Wahai Lelaki! Berani Rasakan Sakit Haid?

 

Orang-orang di Negara Bagian Kerala, India sudah mencobanya. Mereka mencoba merasakan bagaimana rasa sakit haid. Lewat sebuah simulator.

 

Alat itu memiliki dua kabel. Bisa ditempel ke dua orang sekaligus. Alat itu memiliki kotak dengan penyesuaian rasa sakit. Bisa dicoba bertahap dari level 1 hingga level 10.

 

 

Wahai Lelaki! Berani Rasakan Sakit Haid?

HAID : Inilah alat simulator haid yang dilengkapi dengan 10 level rasa sakit. Foto: BBC Indonesia

 

 

Setiap laki-laki yang mencobanya tak pernah sanggup melewati level empat. Ketika mencapai level itu, mereka sudah menjerit-jerit kesakitan. Sementara, wanita yang menggunakan simulator ini tak merasakan  apa-apa. Dan sanggup mencapai level 9.

 

Sekretaris Cabang Asosiasi Medis India (IMA), Dr Akhil Manuel, mengatakan. Simulator ini hanya mentransmisikan 10% dari rasa sakit sesungguhnya. Sakit yang biasa dirasakan wanita setiap kali datang bulan.

 

Simulasi merasakan rasa haid dilakukan di mall dan sejumlah kampus. Diluncurkan oleh anggota parlemen setempat. Hibi Eden dari partai Kongres. Bekerjasama dengan IMA, yang jadi perwakilan para dokter.

 

Wahai Lelaki! Berani Rasakan Sakit Haid?

HAID : Seorang pria duduk di kursi dengan kabel terpasang ke tubuhnya. Ia menjalani simulasi haid di salah satu mall di Kerala, India. Foto: BBC Indonesia

Dobrak Mitos Seputar Haid

 

 

Simulator ini bagian dari proyek. Namanya Cup of Life. Misi utamanya mendobrak mitos seputar haid.

 

Simulasi ini bukan kali pertama digelar di India. Tahun lalu, ada dua organisasi nirlaba yang menggelar hal serupa. Di India bagian Utara.

 

Simulasi haid terus digalakan di India. Yang masih menganggap haid sebagai hal tabu. Di daerah tertentu, wanita yang mengalami haid dikucilkan. Dipisah ke sebuah gubuk di luar rumah. Terpisah dari keramaian.

 

 

Mereka juga dilarang mengikuti acara sosial dan keagamaan. Ditolak masuk ke kuil dan tempat suci. Bahkan tak bole ke dapur.

 

Sebuah penelitian menunjukkan 71% gadis remaja India tidak menyadari menstruasi. Sampai mereka merasakan sendiri.

 

Kemiskinan telah membut perempuan di India jarang menggunakan pembalut. Di sana, harga pembalut mahal. Membuat perempuan dari keluarga miskin memilih alat tradisional.

 

BBC Indonesia mencatat, hanya 36% dari 355 juta perempuan India yang menggunakan pembalut. Sisanya menggunakan kain, kulit, abu, daun, lumpur dan tanah. Untuk mengatasi menstruasi.

 

 

Wahai Lelaki! Berani Rasakan Sakit Haid?

Ilustrasi Haid. Foto: Hello Sehat

Haid Membuat Perempuan Lebih Sehat

 

Haid atau menstruasi adalah sebuah siklus yang tak bisa dielakkan perempuan. Sebuah rahmat dari Tuhan. Banyak sekali manfaat dari haid. Beberapa di antaranya seperti yang dikutip dari Sheknows via detikhealth berikut;

 

1. Tubuh Bersinkronisasi

Dr Cheryl Pagel, dari Banner Good Samaritan Medical Center menjelaskan. Haid merupakan bukti tubuh melakukan sinkronisasi. Dan itu menjadi indikator kesehatan yang baik.

 

2. Tubuh Mengalami hal Positif

Haid setiap bulan merupakan cara alami yang menunjukkan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk. Atau terlalu kurus. Seseorang yang terlalu gemuk biasanya akan mengalami haid yang tak teratur. Disebabkan lemak berlebih. Haid juga akan tidak teratur untuk perempuan yang terlalu kurus.

 

3. Hidup Lama dan Bahagia

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih panjang umur dibandingkan pria. Hal itu disebabkan adanya zat besi yang hilang saat menstruasi.

 

4. Proses Membersihkan Tubuh

Haid yang rutin membantu melepas bakteri dari sistem reproduksi. Menghilangkan kelebihan zat besi. Sehingga dapat menurunkan risiko alzheimer. Penyakit jantung dan stroke.

 

5. Bikin Penampilan Lebih Menarik

Sejauh ini banyak perempuan masih berfikir haid mendatangkan efek buruk. Di antaranya; kembung. Jerawat. Kelelahan. Sakid di Payudara. Tapi biasanya setelah menstruasi berakhir. Perempuan akan merasa lebih baik dan nyaman. Mereka bahkan merasa penampilannya lebih menarik. Itu terjadi karena perubahan hormonal yang muncul paska menstruasi. (01)

 

 

Leave a Comment