Latest

Kategori berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Kenapa Indonesia Selalu Dilanda Gempa ?

Kenapa Indonesia Selalu Dilanda Gempa ?
Salah-satu lokasi yang terdampak gempa di Cianjur, 22 November 2022. Foto: AFP via BBC Indonesia

22 November – (moerni) – Gempa kembali mengguncang. Kali ini melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Korban dan kerugiannya tidak sedikit.

 

Gempa Cianjur bukanlah kali pertama di Indonesia. Berbagai daerah di Nusantara kerap dilanda gempa. Gempa yang memicu tsunami pernah melanda Aceh pada 2004 silam. Lalu Padang di tahun 2009. Pertanyaan pun muncul, kenapa Indonesia selalu dilanda gempa?

 

 

Kenapa Indonesia Selalu Dilanda Gempa ?

Gempa Aceh tak hanya merenggut korban jiwa tapi juga kerugian materil yang tak sedikit. Foto: BBC Indonesia

 

 

Dr Daryono Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG. Mengatakan. Dilihat dari ilmu geologi. Indonesia memang masuk dalam wilayah rawan gempa.

 

“Indonesia posisinya. Di pertemuan tiga lempeng utama dunia. Yaitu Eurasia. Indoaustralia dan Pasifik.” Ujarnya. Dikutip dari BBC Indonesia.

 

Dari tumbukan itu. Lanjutnya. Ada sekitar enam tumbukan lempeng aktif. Yang berpotensi memicu gempa kuat. Selain itu. Indonesia dikenal kaya dengan patahan aktif atau sesar aktif. Ada lebih dari 200 sesar aktif. Yang sudah terpetakan. Dan masih banyak lagi. Yang belum terpetakan.

 

 

Kenapa Indonesia Selalu Dilanda Gempa ?

Pusat gempa di Lombok, Indonesia beberapa waktu lalu. Sumber: BBC Indonesia

 

 

Beberapa patahan aktif di antaranya tersebar di; Sumatera. Dari Aceh hingga Lampung. Jawa. Lembang. Jogjakarta. Di Utara Bali. NTB. NTT. Sumbawa. Sulawesi. Hingga Sorong dan Kalimantan.

 

 

Indonesia juga diketahui berada di posisi cincin api. Atau Ring of Fire. Istilah ini merujuk pada daerah ‘tapal kuda’ sepanjang 40 ribu kilometer. Dan sering mengalami gempa bumi serta letusan gunung berapi.

 

 

Kenapa Indonesia Selalu Dilanda Gempa ?

Gambar Cincin Api yang ada di Indonesia sebagai sumber gempa. Foto: BBC Indonesia

 

 

‘Tapal kuda’ ini mengelilingi cekuang Samudra Pasifik. Sekitar 90 persen dari gempa bumi yang terjadi. Sebagian besar di antaranya terjadi di sepanjang cincin api ini.

 

“Kalau kita melihat ke dunia. Kelihatan bahwa Indonesia. Itu sangat merah. Dibandingkan dengan yang lain. Jepang, Filipina dan California juga merah.” Tambah Danny Hilman Natawidjaja. Peneliti Utama Bagian Geologi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dikutip dari BBC Indonesia. (01)

 

 

Leave a Comment