Latest

Kategori berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Profil William Ruto: Dari Penjual Ayam kini jadi Presiden

Profil William Ruto: Dari Penjual Ayam kini jadi Presiden
Wakil Presiden Kenya William Ruto dan sekarang terpilih sebagai presiden Kenya dari United Democratic Alliance (UDA) dan Kenya. Foto : Reuters

KENYA – 16 Agustus (moerni) – Profil William Ruto akan selalu ingat perbukitan merah di luar kota Eldoret, Sambut, Kenya Barat. Ya…itu adalah kampung halaman presiden terpilih Kenya tersebut.

 

Penduduk kampung biasanya mengingat Ruto sebagai penjual ayam di sebuah warung pinggir jalan. Kalau bersekolah, ia selalu ‘ceker ayam’. Tak ada alas kaki yang dikenakan. Semuanya serba terbatas. Namun, dengan segala keterbatasan Ruto adalah seorang yang cerdas. Saking pintarnya, Ruto selalu juara kelas.

 

“Saya tidak bisa membayangkan seseorang yang tidak memiliki sepatu sepanjang hidupnya di sekolah dasar bisa menjadi presiden,” kata Esther Cherobon, salah seorang teman SD Ruto dikutip dari Reuters. “Kami membayangkan semua pemimpin berasal dari keluarga kaya.” Imbuhnya.

 

 

Ruto yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Kenya dinyatakan terpilih sebagai presiden. Pekerjaan besar sudah menunggu di depan mata. Selain masalah keamanan, sosial ekonomi, hutang luar negeri Kenya pun akan menjadi ‘pekerjaan rumah’ bagi politisi 55 tahun itu.

 

Pinjaman miliaran dolar yang dipinjam oleh Presiden Uhuru Kenyatta untuk membiayai belanja infrastruktur akan segera jatuh tempo.

 

Kekeringan terburuk selama 40 tahun telah menghancurkan Kenya utara, dan memaksa 4 juta orang bergantung pada bantuan makanan.

 

Warga Kenya juga sudah babak belur akibat badai COVID-19, yang mendorong terjadinya kenaikan harga pangan dan bahan bakar global. Banyak yang marah dengan kegagalan Kenyatta mengatasi masalah ekonomi dan korupsi yang merajalela.

 

 

Profil William Ruto: Dari Penjual Ayam kini jadi Presiden

Wakil Presiden Kenya William Ruto dan sekarang terpilih sebagai presiden Kenya dari United Democratic Alliance (UDA) dan Kenya. Foto : Reuters

 

 

Tarian Politik William Ruto

 

 

Politik Kenya sering kali merupakan tarian yang dilakukan dengan pasangan yang nyaman daripada berakar pada perbedaan politik. Dan kebangkitan Ruto tidak terkecuali.

 

Dia menjadi terkenal sebagai organisator pemuda untuk mantan orang kuat Presiden Daniel arap Moi, menjadi salah satu anggota parlemen dan menteri termuda di Kenya.

 

Dia telah mendukung Odinga selama pemilihan yang disengketakan pada tahun 2007, ketika 1.200 orang tewas setelah kekerasan politik memicu pembersihan etnis.

 

Baik dia dan Kenyatta menghadapi tuntutan di Pengadilan Kriminal Internasional atas kekerasan tersebut, dalam kasus yang kemudian runtuh. Seorang pengacara Kenya sekarang diadili, dituduh mengganggu saksi dalam kasus Ruto – tuduhan yang dibantahnya.

 

Ruto kemudian beralih sisi dan menjadi wakil presiden Kenyatta pada 2013. Namun mereka berselisih setelah pemilihan 2017, ketika Kenyatta berdamai dengan Odinga dan menjauhkan diri dari Ruto.

 

 

Profil William Ruto: Dari Penjual Ayam kini jadi Presiden

GEMBIRA : Orang-orang bereaksi setelah pengumuman bahwa Wakil Presiden Kenya William Ruto terpilih calon presiden Kenya. Foto : Reuters

 

 

William Ruto Sebagai Orator Berbakat

 

Selama kampanye ini, dia memilih gerobak dorong untuk mewakili pekerja lepas Kenya. Meskipun dia sendiri – sekarang seorang raja bisnis kaya raya – bepergian dengan kendaraan sports yang dihiasi warna pesta dan dijuluki The Beast.

 

Odinga berusaha melemahkan popularitas Ruto dengan mempertanyakan kejujuran kerajaan bisnisnya yang luas.

 

Pada bulan Juli, pengadilan memerintahkan Wakil Presiden Ruto dan Rigathi Gachagua untuk membayar 202 juta shilling ($2 juta) yang didapat dari hasil korupsi. Gachagua dan Ruto telah menolak dan menganggap hal tersebut bermotif politik. Sementara Gachagua mengatakan dia akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

 

Sebagai presiden, Ruto telah berjanji untuk melunasi pinjaman, menerbitkan kontrak buram dengan China, mengatasi korupsi dan mengucurkan pinjaman untuk usaha kecil. (01)

 

Leave a Comment